Blog

Ini Republik Indonesia, bukan Republik Jakarta!

Indonesia mendongak ke Jakarta. Ramai pembicaraan soal ras, agama, pidana, dan pembubaran ormas. Membosankan dan menjijikkan.   Indonesia adalah Jakarta. Potret dari segala aktivitas kekuasaan. Para media kapital berlomba-lomba menyebarkan persoalan pilkada dan pasca pilkada Jakarta. Agar berita mereka menarik di baca. Zaman globalisasi dan internet, semua memang cepat bisa menyebar dan diketahui banyak orang. … Continue reading Ini Republik Indonesia, bukan Republik Jakarta!

Ini soal perampasan!

Sumber gambar : mentari-rissa.blogspot.com Uk 1600x1200 Malapetaka hadir di negeri-negeri agraris. Soal hak terkadang harus tunduk dihadapan negara. Begitu kata yang tepat untuk menggambarkan rezim penguasa sumberdaya. Saya pikir pembaca sepakat, negara hanya hadir dalam mengatur dan mengontrol sumberdaya strategis. Legislator pun gagal memahami, mana hak negara dan mana hak ulayat, selalu berakhir dengan seluruh … Continue reading Ini soal perampasan!

“KARNAK CAFE”

Sejak 2016 lalu, saya memiliki ketertarikan untuk belajar membaca novel. Dengan tujuan dan anggapan yang belum ada pembuktian, bahwa membaca novel dapat memperhalus perasaan seperti yang digambarkan pada sosok Thomas Wolfe dan Max Perkins dalam film Genius. Atas rekomendasi salah satu teman, akhirnya saya mulai membaca dengan novel pertama berjudul 1984 karangan George Orwell seperti … Continue reading “KARNAK CAFE”

1984

“Sebuah Novel yang amat mendalam, mencekam, dan menawan. George Orwell sang penulis, mengembangkan teori kekuasaan dengan begitu brilian”- The New Yorker   Dimanakah letak pengetahuan itu? Itu hanya ada dan hidup dalam kesadaran diri sendiri yang bagaimanapun, harus dan pasti segera ditiadakan. Dan, jika semua orang lain menerima kebohongan yang dipaksakan baik oleh propaganda rezim … Continue reading 1984